Rabu, 25 Juli 2012

pengalaman membuat passport di bandung :)

PENGALAMAN MEMBUAT PASPOR 


Dear sahabat :) 
saya mau mencoba berbagi pengalaman mengurus pembuatan paspor di kantor imigrasi. 
sebenernya mudah n gampang banget ngurus paspor itu..
behubung saya berumur diatas 17 tahun dan belum pernah memiliki paspor sebelumnya jadii inilah yg kmrin sy alami :)
apa aja yang perlu disiapin dan yang harus dilakukan???

syarat-syarat
syarat untuk bikin passport itu
-akte kelahiran dan atau ijasah (yg ada tulisan Ijasah, yg ada nilainya ga perlu) dan atau akta nikah (buat yg udah nikah)
-ktp (difotocopy depan belakang tapi dalam satu lembar a4 , jangan kecil yah, dijamin disuru fotocopy ulang)
-ktm untuk yg masih mahasiswa... (kalau masih mahasiswa ktp + ktm difotocopy sisi depan n belakangnya, n dalam satu lembar a4 yang sama yaaa)
-surat keterangan mahasiwa (buat yang masih mahasiswa)
- surat rekomendasi dari kantor / surat keterangan kerja (buat yang kerja)
- kartu keluarga
semua syarat diatas fotocopyan, tapi semua yang aslinya tetep harus dibawa buat diliatin...........


nah gimana caranya ??
1. dateng ke kantor imigrasi terdekat dengan membawa semua syarat diatas (fotocopy n aslinya yah)... datengnya pagi-pagi yaah, soalnya permohonan passport itu antrianya ditutup sekitar jam 10-11 pagi.... dateng pagi, kalau bisa sebelum buka udah antri *ehh
2. ambil nomor antrian untuk permohonan paspor
3.  beli map imigrasi+sampul paspor ( kemarin saya beli Rp 10.000 u/ kedua item itu) trs sekalian beli materai 2pc ( yang satu u/ di formulir , yang satu u/ formulir perubahan nama (kali aja ada yg namanya diubah, atau ditambah)
4. minta formulir ke bagian loket formulir ( ada formulir perdim 11, formulir pernyataan kalau belum pernah punya passpor sebelumnya, sama formulir permohonan perubahan nama / penambahan nama (biasanya untuk umroh perlu nama dengan 3 suku kata, makanya dengan formulir ini kita bisa menambahkan nama kita dengan nama ayah/kakek)
5. isi semua formulir dengan benar :)
6. tunggu nomor antrian, trs serahin semua fotocopyan syarat n formulir... dokumen asli cuma dilihatin aja, nah kalau udah lengkap smua, nanti kita dikasih bukti / resio= permohonan (lupa namanya apa) disitu ditulis kapan kita harus dateng lagi u/ bayar n foto... waktu sy kemarin sih 3 hari setelah melakukan permohonan. buat yg ga bs dtg foto sesuai jadwal itu gapapa, yang penting jangan lebih dari 2 minggu sejak tanggal permohonan, katanya kalau lewat dari 2 minggu permohonan kita dianggap ga jadi, berkasnya udah dibuang, dan kita harus melakukan permohonan ulang...


3 hari kemudian
bayar + foto + sidik jari +wawancara

1. dateng lagi ke kantor imigrasi,pakai baju rapih (kalau bisa berkerah) dan  jangan lupa pagi2 yah
2. ambil nomor antrian pembayaran
3. tunggu nomor antrian
4. melakukan pembayaran (jangan lupa kasih bukti permohonan nya yah, ini harus dibawa, n yg melakukan pembayaran harus kita sndri yg mau membuat passpor, kalaupun diwakilin sama orang, tapi kita tetep harus udah ada ditempat pas melakukan pembayaran)
5. bayar sesuai dengan passpor kita (passpor 48hal itu kemarin harganya Rp 200.000 ditambah wawancara+foto Rp 55.000 ... totalnya Rp 255.000 ) mungkin harga bs berubah sewaktu-waktu cek www.imigrasi.go.id pasti ada informasi lbh lengkap disana :)
6. udah bayar kita tunggu lagi no antrian u/ foto+sidik jari+wawanacara... nomor antrianya sama dgn nomor antrian pembayaran
7. kita foto... nah yg pakai poni usahakan poninya ga menutupi alis, trs yg pakai kerudung lebih baik menggunakan dalaman kerudung yg tidak ada topi nya, soalnya nanti ada bayangan dari topinya diwajah kita.
8. sidik jari,, kita nyimpen jari2 kita ke alat secara bergantian (kesepuluh jari tangan)
9. wawancara... wawancaranya ga serem ko. cuma untuk memastiin aja nama, alamat, tgl lahir kita bner, cuma ditanay2 seputar itu aja.. trs ditanya passpor nya buat apa (misal umroh, jalan2, holiday, etc) cuma sebutin satu tujuan aja dr pembuatan passpor itu :)
10. cek lagi nama tgl lahir, ejaan nama, tgl bln tahun lahir ...
11. tandatangan (nanti dikasih tau kita hrs ttd dimana)
12. nerima resi pengambilan passport


5-7hari kemudian
pengambilan passport
waktu pengambilan passport sekitar 5-7hari dari kita wawancara (tanggal pengambilan ditulis di resi pengambilan paspor) datanglah sesuai jadwalnya :)
nah untuk kali ini kita dtgnya siang2 aja.. soalnya dijadwal pengambilan passport mulai jam 1 sampai jam 4 atau jam 5
1. ngambil nomor antrian pengambilan passport (antri lagi antri lagi hehhehee tertib dong yah harus antri)
2. tungguin nomor antrian
3. serahkan resi pengambilan passport dan kita akan menerima paspor kita.. jangan lupa cek lagi nama dan tngal lahir, serta identitas lainya, kalau ada kesalahan kan bisa ditanyakan ke petugas :)




udah ko segitu aja hhehehehe
gampang n mudah kan mengurus paspor sendiri??
dalam kurang dari 2 minggu paspor kita udah jadi, dan biayanya juga ga mahal ko :)

untuk di bandung kantor imigrasi ada di:

Alamat:
JL. SUROPATI NO. 82 BANDUNG 40122
BANDUNG
INDONESIA

Telepon: (022) 7272081, 7563439
Fax: (022) 7275294


untuk syarat-syarat kondisi lainya (misal anak kecil , dll ) coba di cek di www.imigrasi.go.id disana pasti ada informasi yg lebih lengkap dan detail dari apa yang saya tuliskan disini hhe

mohon maaf jika ada kesalahan dari informasi yg saya tulis, kurang lebih memang seperti ini, ini yang saya alami sendiri :)

kalau ada pertanyaan atau komentar boleh dikomen disini,,, kalau mau lebih private boleh email saya ke jnkanggraeni@gmail.com
terimakasih sahabat yang sudah membaca tulisan saya yg amatir ini :)

Best Regards,
Ajeng :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar